You are what you read. Percaya atau tidak, sebuah bacaan bisa membentuk mindset seseorang. Bagaimana beragam bacaan dapat memberikan ruang yang lebih luas dengan sudut pandang yang tak kalah beragam terhadap suatu hal? Karena, kita terlatih memandang hal tersebut tidak hanya dari satu sisi saja. Sumbernya bisa dari buku-buku fisik maupun digital dan bacaan lainnya di dunia maya. Selain buku, ini rekomendasi bacaan bergizi bisa dibaca di waktu senggang kita.

1. Medium
Jika dulu Twitter membatasai tweet atau kicauan dengan 140 karakter, Medium hadir dengan ruang yang lebih luas untuk berkicau. Tidak hanya sebagai media untuk menuangkan kata-kata di hati dan kepala dalam bentuk tulisan, kita bisa mendapatkan asupan bergizi dengan berbagai tema dalam bentuk story dan publication di Medium. Sebut saja Aan Mansur, Ama Achmad, dan Ibe S. Palogai untuk bacaan kesusasteraan. Ray Rahendra, seorang digital strategist. Lalu, Umair Haque dalam personal growth atau self improvement, dan lain-lain.

2. Quora
They said, curiousity could kill a cat. Maybe a lion. Quora menjadi salah satu ruang untuk menampung rasa kepo terhadap banyak hal. Kenapa? Karena tidak lepas dari pertanyaan dan jawaban. Sebagai user, kita bisa berkontribusi untuk mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna lain dengan berbagai topik. Pun sebaliknya, mengajukan pertanyaan apapun yang ingin kita ketahui.

3. Mojok.co
Situs bacaan segar dan bergizi yang memiliki jutaan pembaca setia. Sempat vakum namun bangkit kembali beberapa waktu kemudian. Dengan Puthut EA sebagai kepala suku, Mojok menyajikan bacaan dengan isu-isu luar maupun dalam negeri. Dikemas dengan ringan dan ‘nyeleneh’, terkadang sarkas namun renyah sehingga Mojok menjadi bacaan bergizi yang sangat menghibur dan khas Mojok banget.

4. GNFI – Good News from Indonesia
Kabar-kabar baik tentang Indonesia dan segala isinya menjadi fokus GNFI, seperti namanya. Media inspiratif yang perlu dibaca untuk memupuk optimisme, bahwa ‘You can be someone, and something‘ dalam bidang apapun. Dibalik berbagai hal yang terjadi di negeri ini, GNFI hadir bak angin segar dengan konten positif dan berfaedahnya. Tanpa hal-hal toxic juga drama.

5. Basabasi.co
Kali ini, Basabasi.co bukan sekedar basa-basi biasa. Adalah sebuah bacaan yang erat dengan dunia sastra. Sangat asik dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat, Selain cerpen, puisi, esai, resensi buku, kita bisa membaca artikel-artikel ringan. Seperti situs-situs sebelumnya, di Basabasi ini siapapun bisa menjadi kontributor dengan mengirim tulisan terbaiknya. Tentu ada proses kurasi sebelum tulisan kita dimuat atau tidak.

Selanjutnya meski sedang tumbuh, Raamfest.id bisa ditambahkan ke dalam list bacaan yang menemani hari-harimu. Semakin banyak bacaan, semakin menyenangkan, bukan?
Lalu, apa bacaan favoritmu selain buku?

1 COMMENT

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.