Sebuah gambar dapat memantik perdebatan jika berada pada titik sudut pandang yang keliru.

Hampir seluruh buku pelajaran dicoretinya dengan garis-garis, bukan kata-kata dan kalimat-kalimat sebagaimana Bu Guru menuliskan pada papan tulis di depan kelas. Pada suatu ketika dimarahi Bu Guru karena buku-buku yang diperiksa, tidak ada tugas atau pekerjaan rumah yang terselesaikan.

“Ibu tidak suka kamu menggambar di buku pelajaran!” bukunya dilempar Bu Guru di depan teman-temannya. Ia tertegun, menahan marah dan hanya terdiam. Sandy Permana menyukai aktivitas menggambar sejak sekolah dasar, tinggal di Subang hingga sekolah menengah pertama. Mengakhiri pendidikan hingga tingkat SMP, tidak membuat dirinya berputus asa.

Sejak ke luar SMP, ia terus melatih kemampuannya, mencorat-coret kertas menjadi sebuah karya ilustrasi. Sering berpikir manis tentang penjualan gambar, misal menghasilkan 10 gambar, dapat meraup keuntungan satu juta jika dijual dengan harga Rp. 100.000,-. “Tapi, ternyata tidak semudah itu,” katanya di sela-sela ngopi di kedai Baretto.

Lulus SMP sempat hijrah ke Cirebon untuk mencari pekerjaan di sebuah distro. Merasa tidak betah di kota udang karena cuaca lembab dan panas, setahun kemudian ia pulang lagi ke Subang. Pada tahun 2010, ia hijrah ke Tasikmalaya untuk tinggal bersama ayahnya. Ia mulai dapat menjual gambar meski dengan harga murah sejak tahun 2011. Paling tidak, ia mulai membangun perekonomiannya untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Sandy merupakan bungsu dari tiga bersaudara, kakaknya yang perempuan telah meninggal, sedang kakaknya (laki-laki) yang kedua di Malang. Sering berkontribusi dalam art work Tigerwork, sebuah band yang membawakan lagu “Perempuan Kelelawar”. Anak bungsu yang kehilangan perempuan dalam hidup, yaitu kakak dan ibunya. Sang kakak perempuan dan ibunya meninggal dengan penyakit yang sama (komplikasi). Secara tidak sadar, lirik yang ia pilih semacam gelombang yang mengantarkan kerinduannya pada sosok ibu dan kakak yang telah tiada.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here