Pepatah populer dalam kehidupan, “Sedia payung sebelum hujan” sering diungkapkan. Bagi pengendara sepeda motor, bawa jas hujan sekalian karena cuaca tidak menentu akhir-akhir ini. Nah, begitu juga bagi seorang gitaris/bassis sebuah band. Jangan sampai ketika asyik manggung banyak kendala yang menghadang karena lupa memeriksa hal-hal kecil. Akhirnya, menjadi masalah besar ketika di atas panggung. Pada tulisan kali ini, Lutfhi Ramadhan (Bassist Supercharger x Tigerwork) akan berbagi tips seputar persiapan sebelum manggung. Berikut, lima hal penting yang harus dipersiapkan sebelum beraksi bagi para bassist:

  1. Kabel Jack

Seberapa pentingkah kabel yang satu ini? Penting sekali! Karena kabel di atas panggung belum teruji kualitasnya. Jangan sampai ketika dalam pertunjukan, suara “Kressek… kressek..” mengganggu mood personil lain dan penonton. Sebaiknya bawa kabel sendiri dengan catatan, kondisi kabel dalam keadaan laik pakai dan tone yang dihasilkan sangatbaik.

  1. Senar Cadangan

Gitaris/Bassis mana yang ingin perform tanpa senar lengkap? Lupakan penggunaan senar abal-abal! Kualitas dan tone yang dihasilkan dipastikan sangat jelek. Sediakan minimal satu set senar dari merk yang pasti saja (Jangan beli yang KW juga keleuuss…). Hanya Tuhan dan perasaan gitaris/bassis yang tahu senar gitar/bass akan putus. Hehehe.

  1. Strap

Benda yang sering dianggap remeh dan sering dilupakan. Padahal, jika tidak dipersiapkan, bakalan repot dibuatnya. Pasti pernah dialami setiap gitaris/bassis, ketika lupa membawa strap. Sedang strap lock masih terpasang di bass lain yang pada hari ‘H’ tidak terpasang untuk manggung. Alhasil, ketika di backstage kebingungan, beruntung jika ada teman yang sangat pengertian meminjamkan strapnya. Kalau tidak ada? Masa harus manggung sambil duduk? Sungguh pemandangan yang sangat tidak lucu. Kalaupun kalian tidak lupa membawanya, usahakan kondisi strap lubangnya masih rapat dan masih bisa mengamankan gitar/bass ketika perform. Tidak lucu dong ketika kalian lagi asyik jingkrak-jingkrak, strapnya copot, itu awkward moment pisanlah jika kejadian.

  1. Pick

Sama halnya dengan strap, barang kecil ini selalu dianggap “butiran debu”, kata penyair mah. Meskipun kecil, peranannya sangat penting untuk bermain gitar/bass. Jika kalian seorang gitaris/bassis yang menggunakan pick, pastikan pick-nya selalu ada di kantong kalian. Disimpan dalam dompet ataupun kantong celana yang sering kalian pakai buat perform, bebaslah. Pastikan kalian punya pick agak banyak, minimal tiga, gitu lho…

  1. Baterai 9 Vvolt

Bila gitar/bass kalian menggunakan pick up aktif, sebaiknya mengganti baterai yang baru setiap kali manggung. Karena sering kejadian ketika manggung, suara gitar/bassnya jadi tenggelam gara-gara lupa ganti baterainya.

Demikian lima tips sebelum manggung dari Lupy, panggilan kawan-kawan bandnya, semoga bermanfaat.

alt
Foto Tedi Hendriadi (@tediphotology)

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here