SAMPURASUN-RAAMFEST. Terkadang alam bawah sadar dapat ditemukan dalam kata dan bunyi, hanya dengan cara itulah anak muda berkolaborasi melalui beragam karya untuk menyentuh kesadaran di luar dirinya dan memberi sudut pandang baru tentang arti Tasikmalaya.

Raamfest merupakan akronim dari ruang Anak-anak Muda Festival yang diglobalisasi dengan Reaction A Movement Festival. Sebuah ruang anak muda yang menjadi jawaban dari acara Sampurasun, sebuah ide kecil yang dirajut bersama pada tanggal 17 Agustus 2017, menghasilkan kolaborasi tiga sudut pandang anak muda: Vudu Abdul Rahman, Akbar Cesar dan Firman Ochim Maulana. Melahirkan karya multiliterasi dalam menerjemahkan tanah kelahirannya dalam bentuk film pendek berjudul “Sampurasun dari Tasikmalaya Untuk Indonesia”.

Dari rahim Sampurasun, terlahir buku Kota Tujuh Stanza yang berisi 7 cerita tentang kehidupan bawah tanah yang tumbuh di Kota Tasikmalaya. Buku tersebut hadir dari paraphrase 7 lirik yang kemudian diterjemahkan 7 band, 7, dan 7 aransemen,  berbeda dalam album kompilasi “Satu Frekuensi”. Musik apik sesuai jenis aliran masing-masing band diterjemahkan 7 ilustrator dan 7 fotografer. Tujuh lagu yang ditampilkan dalam acara Raamfest itu bertempat di area parkir lantai 3, Asia Plaza, (16/12/2017).

Peluncuran novel “Kota Tujuh Stanza” karya Vudu Abdul Rahman merupakan sebuah buku yang melahirkan kata dan bunyi. Namun, mulai kapan keduanya bergandengan? Dalam catatan Erie Setiawan, sosok di balik penerbitan buku-buku musik Art Music Today menjelaskan bahwa sejarahnya telah diawali pada zaman Barok. Charles Avison (1709), menuliskan esai kritik musik yang diawali pergulatan pemikiran dan diikuti reportase peristiwa musiknya. Eduard Hanslick, seorang kritikus musik dari Jerman pada abad ke-19 memberikan pencerahan tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan kritik musik melalui On Musical Beauty. Dari perjuangan mereka lahir istilah  Liner Note, sebuah catatan yang diselipkan dalam CD musik.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.